- Selamat Datang di Akademi Farmasi Kaltara Tarakan, Perguruan Tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Kaltara pada tanggal 08 Mei 2017 dengan Nomor SK DIKTI : 250/KPT/I/2017 untuk berperan serta dalam mencerdaskan Bangsa Indonesia dan membangun Negara Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Laboratorium

Farmaseutik

 Farmasetik adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat-obatan menjadi bentuktertentu hingga siap digunakan sebagai obat.

“Farmakokinetik”
 adalah istilah yang menggambarkan bagaimana tubuh mengolah obat,kecepatan obat itu diserap(absorpsi), jumlah obat yang diserap tubuh(bioavailability), jumlahobat yang beredar dalam darah(distribusi), di metabolisme oleh tubuh, dan akhirnya dibuang daritubuh. Farmakokinetik menentukan kecepatan mulai kerja obat, lama kerja dan intensitas efek obat. Farmakokinetik sangat tergantung pada usia, seks, genetik, dan kondisi kesehatanseseorang. Kondisi kesehatan maksudnya adalah, apakah seseorang itu sedang menderita sakitginjal, sakit hati(beneran), kegemukan, kondisi dehidrasi, dll.

“Farmakodinamik”
 menggambarkan bagaimana obat bekerja dan mempengaruhi tubuh,melibatkan reseptor, post-reseptor dan interaksi kimia. Farmakokinetik dan farmakodinamik membantu menjelaskan hubungan antara dosis dan efek dari obat. Respon farmakologistergantung pada ikatan obat pada target. Konsentrasi obat pada reseptor mempengaruhi efek obat.Farmakodinamik dipengaruhi oleh perubahan fisiologis tubuh seperti proses penuaan, penyakitatau adanya obat lain. Penyakit-penyakit yang mempengaruhi farmakodinamik contohnya adalahmutasi genetik, tirotoksikosis(penyakit gondok), malnutrisi(salah gizi) dll.